fbpx

Bulan Kawalu Tiba, Baduy Ditutup

Musim Durian Baduy

Bulan Kawalu telah tiba. Kawalu terdiri dari 3 yaitu bulan Kasa, Karo, dan Katiga. Selama 3 bulan ke depan akan banyak tradisi dan upacara dilaksanakan di Baduy, terutama Baduy Dalam. Kawalu adalah bulan suci bagi suku Baduy. Oleh karena itu, Kawasan Wisata Budaya Baduy terutama dari Baduy Dalam akan ditutup dari kunjungan wisatawan.

Pada bulan-bulan ini, suku Baduy baik Baduy Dalam dan Baduy Luar melaksanakan tradisi dengan puasa serta berdoa agar kehidupan penuh kedamaian dan kesejahteraan dan panen melimpah. Karena tradisi ini berlangsung secara turun temurun dan bersifat sakral, maka orang selain Baduy tidak diperbolehkan menyaksikan atau terlibat di dalamnya.

Tradisi ini dilaksanakan setiap satu tahun sekali selama 3 bulan menurut perhitungan penanggalan suku Baduy. Biasanya bertepatan awal tahun pada penanggalan Masehi. Yaitu antara Januari hingga Mei. Tahun ini dimulai akhir Februari hingga akhir Mei.

Setelah ritual dan upacara pada bulan ini berakhir, suku Baduy akan menggelar upacara adat Seba Baduy dengan mengunjungi Bupati Kabupaten Lebak dan Gubernur Provinsi Banten. Upacara Seba ini akan diikuti ribuan orang baik Baduy Dalam maupun Baduy Luar.

Upacara Adat Seba Baduy
Upacara Adat Seba Baduy setelah Kawalu

Seperti biasanya, Jaro Saija sebagai kepala pemerintahan Desa Kanekes, akan mengeluarkan surat penutupan Kawasan Wisata Baduy ini.

Seperti telah diupload di Instagram Baduy Corner, surat ini dikeluarkan pertanggal 25 Februari 2020 dan ditandatangani oleh Jaro Saija sebagai Kepala Desa Kanekes, dengan persetujuan dan keputusan Tangtu Tilu Jaro Tujuh Lembaga Adat Masyarakat Baduy. Surat ini ditembusakan pula kepada Bupati Lebak, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak, Camat Leuwidamar, dan Kapolsek Leuwidamar.

Surat Baduy Tentang Bulan Kawalu

Berikut petikan isi surat dari Baduy terkait bulan Kawalu yang ditujukan untuk masyarakat umum ini:

“Berdasarkan Keputusan Tangtu Tilu Jaro Tujuh Lembaga Adat Desa Kanekes Baduy, melalui Kepala Desa Kanekes memberitahukan bahwa:

Sejak Hari: Selasa Tanggal: 25 Februari s/d 30 Mei 2020 selama tiga bulan Baduy Dalam ditutup untuk pengunjung wisata dan penelitian.

Menurut penganggalan adat, bulan pertama 1 Kawalu Tembey/bulan Kasa s/d 1 Sapar bulan adat 2020 pengunjung wisata Saba Budaya tujuan kp. Cibeo, Cikartawana, Cikeusik Baduy Dalam ditutup selama 3 bulan larangan.

Kecuali tamu pemerintah/dinas diijinkan 1 s/d 10 orang. Tamu Jiarah diijinkan. Tamu rombongan dijinkan hanya wilayah Baduy Luar.

Demikian pemberitahuan ini dibuat atas dasar Keputusan Lembaga Adat Desa Kanekes Baduy. Kepada pihak bersangkutan mohon maklum adanya.

Kanekes, 25 Februari 2020

Kepala Desa Kanekes

SAIJA

Itulah surat tentang Kawalu dan penutupan Kawasan Wisata Budaya Baduy selama 3 bulan ke depan sampai 30 Mei 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *