Baduy Nol Kasus Corona, Apa Rahasianya?

2 min read

Perkampungan Baduy

Kasus Corona di Indonesia akhir-akhir ini meningkat cukup tinggi. Kasus hariannya bahkan mencapai angka 50rb. Sehingga diberlakukan PPKM, atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, Se-Jawa dan Bali.

Infografis Covid-19 per 15 Juli 2021 sumber: covid19.go.id

Tapi ini tidak berlaku di suku Baduy. Di wilayah suku Baduy tidak ada PPKM, karena kasus Coronanya nol alias tidak ada kasus sama sekali. Ya! setelah satu tahun setengah Corona mewabah di Indonesia, Baduy tetap tidak tersentuh Corona.

Apa kira-kira rahasianya? Sehingga di wilayah suku Baduy tidak ada kasus Corona sama sekali? Yuk kita buka!

Rahasia Nol Kasus Corona: Mini Lockdown Ala Suku Baduy bernama Kawalu

Suku Baduy sudah menutup diri sebelum Corona ada. Dikarenakan adat dan tradisi, setiap tahunnya suku Baduy selalu menutup Kawasan Baduy selama 3 bulan dari kunjungan wisatawan. Bulan-bulan ditutupnya Baduy ini disebut bulan Kawalu. Kawalu berlangsung selama 3 bulan. Kawalu biasanya dimulai bertepatan dengan bulan Februari hingga Mei setiap tahunnya. Jadi, sebelum PSBB dimulai oleh pemerintah Indonesia pada Maret tahun 2020 saat ditemukan kasus positif Corona pertama, Suku Baduy telah memberlakukan penutupan lebih dari PSBB dari orang-orang luar Baduy terutama wisatawan. Suku Baduy sudah me-lockdown diri sebelum pemerintah Indonesia memberlakukan Pembatasan Sosial Skala Besar atau PSBB.

Kawalu, Lockdown ala suku Baduy sebelum pandemi.

Larangan Pergi Ke Kota Oleh Tetua Adat Baduy

PSBB berlakukan di Kabupaten Lebak setelah Kawalu 3 bulan berakhir. Untuk diketahui suku Baduy berada di Desa Kanekes, wilayah Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Maka otomatis suku Baduy mengikuti pemberlakuan di wilayah administratifnya dalm hal ini kabupaten Lebak. Bersama itu diberlakukan pula pelarangan warga Baduy untuk pergi ke kota-kota besar seperti Jakarta oleh tetua adat Baduy. Untuk diketahui, biasanya warga Baduy menuju kota besar salah satunya ke Jakarta untuk berjualan hasil kerajinan atau madu hutan Baduy. Masyarakat Baduy merupakan salah satu masyarakat adat yang dikenal taat terhadap aturan adat sehingga peraturan dari tetua berjalan dengan baik.

Larangan Bepergian, kebijakan penyumbang nol kasus Corona di Baduy

Tidak Terbiasa Berkerumun dan Berkumpul

Jika bukan karena perintah adat atau upacara adat seperti upacara Seba, suku Baduy tidak terlalu suka berkumpul dan membuat kerumunan. Suku Baduy tidak mengenal isitlah kongkow di warung kopi, meet up di café, atau kumpul-kumpul membuat kerumunan tanpa tujuan adat yang jelas. Juga dikarenakan kebijakan dari tetua adat melarang bepergian ke kota, masyarakat suku Baduy praktis hanya berkegiatan di ladang setiap harinya tanpa ada kontak dengan orang luar Baduy. Aktifitas dengan sesama warga Baduy pun sedikit berkurang.

Kesehatan Suku Baduy Yang Luar Biasa

Orang-orang Baduy itu sehat-sehat luar biasa! Untuk diketahui suku Baduy, terutama warga Baduy Dalam dilarang untuk naik kendaraan karena aturan adat. Maka kemana-mana mereka selalu berjalan kaki. Ke ladang jalan kaki, ke hutan jalan kaki, ke bukit ke gunung jalan kaki, ke sungai jalan kaki, ke kota pun jalan kaki. Semenjak kecil warga suku Baduy sudah diajak ke kebun untuk berladang, ambil kayu bakar, bantu orang tuanya dan tentunya dengan berjalan kaki juga. Mereka makan nasi dari padi yang mereka tanam dan panen sendiri, lauk pauk dan sayuran dari ladang yang mereka urus dan olah sendiri. Makanan mereka langsung dari alam semua, jauh dari bahan-bahan kimia yang sering kita konsumsi. Selain itu juga suku Baduy sering mengkonsumsi gula jahe merah dan minum ramuan tradisional lain yang mereka produksi sendiri. Kombinasi semua ini yang menyebabkan orang-orang Baduy itu sehat-sehat sekali. Gaya hidup yang sehat ini menjadikan imunitas warga suku sangat baik sekali.

Sehat Sejak Kecil, Rahasia Kasus Nol Kasus Corona

Itulah empat rahasia mengapa dari bulan Maret 2020 hingga Juli 2021 tidak ditemukan satupun kasus positif Covid di Baduy. Kalo kamu punya rahasia lain yang belum diketahui orang banyak, yuk share di comment.

Indonesia kini sedang darurat Corona, Kabupaten Lebak saat ini juga termasuk zona merah, namun di Baduy masih nol kasus positif Corona. Sebuah fakta yang luar biasa. Semoga ini bertahan hingga pandemi ini berakhir! Dan semoga Corona di Indonesia segera berakhir! Salam Baduy, Salam Lestari!

Leave a Reply

Your email address will not be published.